Evaluasi Indra Sjafri Seusai Kekalahan Timnas U-19 dari Brasil

KOMPAS.com – Tim nasional U-19 Indonesia kalah pada laga pertama Toulon Tournament. Pelatih Indra Sjafri menilai ada kesalahan yang dibuat timnya pada pertandingan tersebut.

Timnas U-19 kalah 0-1 dari timnas U-20 Brasil pada kejuaraan dunia junior di Perancis itu. Pada laga di Stade d’Honneur Marcel Roustan, Rabu (31/5/2017), pasukan Indra Sjafri kalah karena gol Gabriel Novaes pada menit-menit akhir babak pertama.

Seusai laga, Indra mengaku bahwa Timnas U-19 telah bermain sesuai dengan keinginannya. Akan tetapi, pelatih asal Sumatra Barat berusia 54 tahun itu juga menilai bahwa tim lawan tampil lebih baik.

“Kami sangat menyesal karena kebobolan satu gol. Selamat kepada Brasil yang berhasil memenangi pertandingan ini,” tutur Indra Sjafri seperti dikutip dari Festival-foot-espoirs.com.

“Para pemain seharusnya bergerak dengan melakukan umpan pendek. Saya telah meminta tim untuk terus melakukan hal itu selama empat tahun terakhir, tetapi Brasil tampil lebih baik daripada kami secara teknis dan fisik,” ujarnya.

Pada sepanjang pertandingan, Indonesia lebih banyak berada di bawah tekanan. Bahkan, Garuda Muda hanya memiliki empat tembakan yang dua di antaranya tepat sasaran.

Jumlah ini sangat jauh dengan apa yang didapat Brasil. Vinicius Costa dkk berhasil memiliki 12 peluang dengan enam tembakan yang tepat mengarah ke gawang Indonesia.

Indra pun mengatakan bahwa usia para pemainnya menjadi salah satu faktor Timnas U-19 tidak bisa memberikan perlawanan lebih banyak kepada Brasil.

Timnas U-19 Indonesia ini dibentuk dari para pemain berusia di bawah 18 tahun sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-18 di Myanmar pada September 2017 dan kualifikasi Piala Asia U-19 yang sudah akan dimulai pada Oktober 2017.

“Para pemain saya masih sangat muda. Usia mereka sekitar 17 tahun, bahkan yang termuda masih 16 tahun,” ucap mantan pelatih Bali United itu.

“Pengalaman ini sangat penting bagi mereka dan harus terus mempersiapkan diri untuk menghadapi kejuaraan (kualifikasi) Piala Asia U-19 2017 mendatang,” kata Indra.

Setelah ini Indonesia akan menghadapi Republik Ceska di Stadon Parsemain, Fos-Sur-Mer, pada Sabtu (3/6/2017) sementara Brasil akan menguji kekuatan Skotlandia sehari setelahnya. (Verdi Hendrawan)

Sumber:
http://bola.kompas.com/read/2017/06/02/07270058/evaluasi.indra.sjafri.seusai.kekalahan.timnas.u-19.dari.brasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *