Irfan Bachdim Punya Tato Lambang Garuda

GIANYAR, KOMPAS.com – Irfan Bachdim merupakan sosok yang gemar menato tubuhnya. Tengok saja lengan kanan Irfan yang dipenuhi tato bergambar naga. Di tangan kirinya terdapat simbol Leo dalam bahasa Yunani.

Gambar Naga dan simbol Leo identik dengan tanggal kelahirannya yakni, 11 Agustus 1988. Selain kedua tato tersebut, Irfan juga merajah tubuhnya di bagian dada sebelah kiri dan kaki.

Ada sebuah tato yang menarik perhatian. Tato tersebut bergambar lambang Garuda Pancasila. Tato ini terdapat di lengan kiri Irfan Bachdim.

Lambang Garuda tersebut memiliki latar belakang pola ukiran. Lalu, tertulis hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 dalam angka romawi.

“Tato ini sudah lama. Untuk artinya? Privasi,” kata Irfan sambil tertawa.

Dari penelusuran Kompas.com, tato lambang Garuda Pancasila kemungkinan dibuat setelah gelaran Piala AFF 2010.

Pasalnya, lengan kiri Irfan masih “bersih” dari tato saat dia tampil untuk kali pertama memperkuat Indonesia di Piala AFF 2010.

Saat itu, Irfan mampu membawa tim nasional ke final. Namun, Indonesia gagal menjadi juara setelah dikalahkan Malaysia.

Dia lalu bermain pada Piala AFF 2012. Akan tetapi, Indonesia tersingkir dari babak penyisihan grup. Hasil buruk ini akibat kisruh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI).

Pada Piala AFF 2014, Irfan absen. Hal itu karena Irfan mengalami cedera.

Dua tahun kemudian, Irfan mengalami nasib yang sama. Pemain berusia 28 tahun itu harus absen 2-3 bulan seusai menderita patah tulang fibula.

Sumber:
http://bola.kompas.com/read/2017/05/26/07070028/irfan.bachdim.punya.tato.lambang.garuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *