Musik Gamelan Mengalun Saat Timnas U-19 Vs Brasil U-20

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada hal yang menarik pada pertandingan Grup C Toulon Tournament 2017 antara tim nasional U-19 Indonesia dan timnas U-20 Brasil di Stade d’Honneur Marcel Roustan, Salon-de-Provence, Rabu (31/5/2017) atau Kamis dini hari WIB.

Hal menarik tersebut adalah munculnya alunan gamelan yang terdengar di stadion saat menjelang sepak mula dan jeda pertandingan.

Saat kedua tim melakukan pemanasan, lagu-lagu “ngebeat” diperdengarkan untuk memacu semangat kedua tim. Lalu tak berselang lama, alunan musik gamelan mulai “disetel”.

Saat jeda, alunan gamelan pun menjadi “teman” para penonton yang menunggu babak kedua dimulai. Suara gamelan tersebut bisa didengarkan di video Youtube berikut sejak menit 32.54 detik.

Asisten Manajer Timnas U-19, Wide Putra Ananda, menjelaskan bahwa alunan musik gamelan merupakan inisiatif dari panitia penyelenggara.

“Sebelum pertandingan, Brasil menampilkan capoeira (seni bela diri). Sementara kami tidak mempersiapkan penampilan apapun. Jadi kami sempat kaget pas ada suara gamelan,” kata Wide kepada Kompas.com, Kamis (1/6/2017).

Kemungkinan besar, menurut Wide, pihak panitia berkomunikasi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia terkait alunan gamelan tersebut.

“Kemungkinan seperti itu. Banyak juga orang Konjen yang datang ke stadion. Mereka senang saat gamelan mengalun di stadion,” tutur Wide.

Pertandingan ini dimenangkan Brasil dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Gabriel Novaes pada menit ke-38. Namun, permainan tim besutan Indra Sjafri banyak diapresiasi oleh media-media Brasil.

Contohnya, ESPN Brasil menceritakan bagaimana Canarinho hanya selamat karena timnas boros peluang.

“Kendati menang, hasill ini diraih dengan kesulitan. Di babak kedua, lawan dari Asia itu mengancam gawang Brasil, tetapi mereka tidak efisien,” ujarnya.

Sementara, SuperEsportes memuji energi yang dipertunjukkan pasukan Indra Sjafri tersebut.

“Brasil menunjukkan intensitas sejak awal, tetapi timnas Indonesia bermain dengan intensitas tinggi,” tulis portal olahraga milik Diarios Associados, media konglomerat terbesar ketiga di Brasil.

Media sama pun mengatakan bahwa Brasil beruntung tak kebobolan saat usaha Witan Sulaeman pada menit ke-56 membentur mistar gawang.

“Babak kedua tak jauh beda. Indonesia berusaha bermain cepat kontra Brasil dan sempat membentur tiang. Namun, itu usaha terbaik tim lawan,” tulis SuperEsportes.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Ceko di Stade Parsemain, Fos-sur-Mer, Sabtu (3/6/2017).

Sumber:
http://bola.kompas.com/read/2017/06/01/20050008/musik.gamelan.mengalun.saat.timnas.u-19.vs.brasil.u-20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *