Piala Menpora U-14 dan U-16 2017 Telah Dibuka

KOMPAS.com – Kick-off nasional Liga Pelajar Piala Menpora U-14 dan U-16 2017 di Asahan berlangsung meriah. Sekitar 5.000 orang tumpah di Stadion Mutiara Kisaran, Asahan, Kamis 25 Mei 2017, mulai siang sampai sore hari.

Dalam pembukaan kompetisi usia muda ini, Kemenpora diwakili Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, bersama Asdep Sentra dan SKO Kemenpora Teguh Raharjo serta Asdep Olahraga dan Pendidikan Arifin Majid.

Sedangkan dari PSSI dihadiri Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI Ricky Yacobi yang mewakili Ketua Umum PSSI Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Turut hadir adalah jajaran Pemkab Asahan, DPRD Kabupaten Asahan, KONI Kabupaten Asahan, Askab PSSI Asahan, dan Asprov PSSI Sumatera Utara. Bersama para tamu undangan juga hadir banyak mantan pemain nasional seperti Rully Nere hingga Donny Latuperisa.

Liga Pelajar Piala Menpora merupakan salah satu program unggulan yang digagas Kemenpora bersama para pegiat sepak bola nasional. Khusus untuk Liga Pelajar U-14 tahun ini merupakan penyelenggaraan keempat.

“Hasil dari Liga Pelajar U-14 adalah dibentuknya Timnas Pelajar Kemenpora. Untuk tahun ini Timnas Pelajar Kemenpora dipersiapkan mengikuti turnamen di Gothia Cup 2017 China,” kata Raden Isnanta.

Dalam penyelenggaraan Liga Pelajar tahun ini, Kemenpora melihat animo masyarat terus meningkat. Hal itu bisa dilihat dari tim peserta yang mendaftar sejak tingkat Kabupaten/Kota terbilang banyak.

“Untuk Liga Pelajar U-14 2017 sampai saat ini sudah ada 304 kabupaten dan 67 kota yang menyelenggarakan. Dari situ ada 72.270 pemain dan 8.030 pelatih yang terlibat,” kata Raden Isnanta.

Jumlah itu menurut Raden Isnanta bisa bertambah lagi karena masing-masing korwil yang berkoordinasi dengan Dispora Provinsi dan Asprov PSSI masih terus membuka pendaftaan.

Sebagai operator Liga Pelajar Piala Menpora U-14 Kemenpora menunjuk BLiSPI yang dikoordinasi Subagja. Sedangkan operator Liga Pelajar Piala Menpora U-16 dikoordinasi oleh M Kusnaeni.

Seluruh tim yang lolos dari tingkat Kabupaten/Kota akan bermain di Seri Provinsi. Nantinya juara Seri Provinsi berhak ikut Seri Nasional di Magelang bersamaan dengan puncak perayaan Haornas 2017 pada September mendatang.

Sementara acara pembukaan atau kick-off nasional Liga Pelajar U-14 dan U-16 Piala Menpora 2017 dimeriahkan dengan pertandingan. Laga itu bagian dari Liga Pelajar U-14 Seri Kabupaten Asahan antara Bakrie All Star melawan Putra Tanjung Balai. Hasil pertandingannya adalah 5-2 untuk kemenangan Bakrie All Star

Sumber:
http://bola.kompas.com/read/2017/05/26/23281448/piala.menpora.u-14.dan.u-16.2017.telah.dibuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *